15 Pojok Kota Favorit Warga Jakarta

one Comment

Di hari jadinya yang ke-488 tanggal 22 Juni ini, Jakarta sebagai ibukota negara, telah mengalami berbagai transformasi. Ada masanya di mana kota ini tidak macet, tidak disesaki manusia dan tidak bising.

Dulu & Sekarang: Jembatan Semanggi

Dulu & Sekarang: Jembatan Semanggi

Dulu & Sekarang: Pancoran

Dulu & Sekarang: Pancoran

Dulu & Sekarang: Padatnya jalan

Dulu & Sekarang: Padatnya jalan

Di luar keluhan harian kita tentang Jakarta, tidak bisa dipungkiri kota ini memberi banyak untuk penghuninya. Sebagai ibukota negara dan pusat pembangunan, semua ada di sini – dan tidak jarang semuanya ada di satu tempat, yaitu mall, haha! Ini bukti eksistensi budaya modern.

Compare to most shopping malls in the other part of the world, Jakarta’s malls really take it to the next level. Tempat belanja, tempat makan, bioskop, tempat bermain, gym, salon, tempat pijat, semuanya bercampur blek jadi satu, mirip seperti gado-gado, makanan khas kota ini.

Dengan kontras ini, love and hate relationship pun terjalin antara Jakarta dengan penduduknya. Semua sepakat pasrah menikmati apa yang tersedia, sedangkan sebagian masih menyimpan segenggam harapan bahwa Jakarta akan jadi tempat tinggal yang lebih baik. In the mean time, everyone adapt. Maka setiap orang pun punya pojok favorit untuk menetralisir hiruk-pikuknya ibukota. Di mana saja?

 

“Kota Tua dan Taman Suropati”

— Andira Pramanta, penyiar Good Morning Hard Rockers Show di 87.6 Hard Rock FM, pesepeda dan ayah dari 1 anak.

andira

“Saya suka Kota Tua dan Taman Suropati karena keduanya merupakan open space, jadi anak-anak bisa lari-lari. Kota Tua, saya suka karena ada banyak jajanan kaki lima dan berbagai mainan yang murah meriah. Sedangkan Taman Suropati menjadi favorit karena banyak pohon rindang dan kita bisa lihat pemusik yang latihan orkestra. Di sini juga kita bisa piknik dan putri saya bisa bebas berlarian mengejar burung dara.”

Latihan orkestra di Taman Suropati. Biasanya ada setiap hari Minggu dari pagi sampai sore. Photo: tripadvisor.com.

Latihan orkestra di Taman Suropati. Biasanya ada setiap hari Minggu dari pagi sampai sore. Photo: tripadvisor.com.

 

“Cloud, Skye dan LUC Bar & Grill untuk dewasa dan Playparq Kemang, Playhouse Pejaten, waterpark dan kebun binatang untuk keluarga”

— Nirasha Darusman, co-founder Crunch Leaf yang membuat makanan sehat seperti salad dan pudding, model dari BelowCepek.com dan ibu dari 2 anak.

IMG_6043

“Sebenarnya saya termasuk orang rumahan. Bila ada waktu luang, saya lebih suka menghabiskannya di rumah, nonton serial TV favorit. Tapi kalau sedang ingin keluar rumah, saya suka hang out dengan teman-teman. Biasanya kami masak lalu ditutup dengan minum-minum cantik dengan teman-teman perempuan.

Dari berbagai tempat yang saya coba, menurut saya Cloud dan Skye asik, terutama di weekdays karena nggak penuh. LUC Bar & Grill di Wolter Monginsidi juga enak dan nyaman. Selain tempatnya, buat saya yang juga penting adalah waktunya. Saya beruntung, hari-hari saya fleksibel, maka saya tidak perlu menunggu weekend untuk bisa sedikit bersantai.

Untuk anak-anak, pilihan jatuh di tempat bermain outdoor seperti Playparq Kemang, Playhouse Pejaten dan waterpark. Saya juga suka ajak putri saya ke kebun binatang karena murah meriah dan banyak yang dipelajari.”

Super sliding di Playparq Kemang

Super sliding di Playparq Kemang

 

“Face Bar”

— Angga Suryokusumo, arsitek dan desainer interior.

IMG_6087

Bar dan restoran dengan interior ala Asia ini menjadi pilihan Angga yang datang ke Jakarta pada tahun 2006, karena dirasanya memberikan ketenangan. Buat yang sudah pernah ke Face Bar pasti paham feel yang disebutkannya. Menggunakan banyak kayu dalam interiornya dengan cahaya minim yang menciptakan efek eksotis, ditambah dengan berbagai furniture dan pernak-pernik antik, Face Bar memang merupakan tempat ngobrol yang nyaman.

“Selain itu makanan di restorannya, Lana Thai yang menyajikan masakan Thai dan Hazara yang menyediakan masakan India, juga enak. Pokoknya setiap datang ke tempat ini, rasanya seperti tidak di Jakarta, rasanya seperti sedang liburan.”

Sounds like a perfect ‘getaway’ place, right?

facebar_2_large

Desain Face Bar yang sangat Asia dan hangat menjadikannya salah satu spot favorit warga Jakarta

 

“Dimsum Inc., Pong Me! dan KOI Kemang”

— Yessi Maritha, asli Jakarta.

IMG_6042

“Pada dasarnya saya suka Kemang, meski macet, namun rasanya area ini hidup. Sangat lively. Selain itu di sini juga banyak makanan enak dan restoran yang bagus. Terutama KOI saya suka karena tempatnya cozy dan makanannya enak.”

KOI Kemang, pilihan pas untuk hang out dengan teman. Photo: indotable.com.

KOI Kemang, pilihan pas untuk hang out dengan teman. Photo: indotable.com.

 

 

 

“Pelabuhan Sunda Kelapa”

— Rian Ibram, penyiar Drive ‘n Jive di 87.6 Hard Rock FM, penggagas #JadiJakarta, blog yang mengangkat kisah perjuangan para pendatang di Jakarta. Rian sendiri hijrah ke kota ini pada tahun 2010.

IMG_6081

“Sunda Kelapa seru banget. Kita bisa keliling pelabuhan pakai perahu nelayan yang kecil, di antara kapal-kapal ekspedisi yang besar. Ongkosnya cuma Rp50.000!”

 

sunda-kelapa1

Kapal-kapal yang megah menjadikan tempat ini unik bagi warga Jakarta. Jangan lupa sewa sampan yang akan membawa kita ke Perkampungan Nelayan.

 

“Cozy Spa”

— Dinia Widodo, Public Relations Mall Grand Indonesia, None Jakarta Selatan tahun 2004.

“Karena sehari-hari sudah di mall, tempat favorit saya adalah tempat pijat atau salon. So mainstream but that’s what I need! Intinya tempat yang bisa membuat rileks. Tempat pijat favorit saya adalah Cozy karena tempatnya tenang, aromanya relaxing dan terapisnya jago-jago. Also, their hot chocolate and ginger tea are to die for!

Sedangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sama seperti Nirasha, Dinia memilih Playparq Kemang. “Jakarta kekurangan open space, ruang hijau, maka saya senang kalau bisa lihat anak main di outdoor.”

 

At the end of the day, life is really how we see it. No matter where we are, as long as we are surrounded with our loved ones, we’ll make it work. Smile if you agree. :)

 

*Sumber foto-foto Jakarta ‘Dulu & Sekarang’: hipwee.com.

Comments

  1. Kaleidoskop 2015: 7 Destinasi Liburan Yang Wajib Dikunjungi | ReeSays

    […] Baca daftar lengkap 15 pojok kota favorit di Jakarta di sini. […]

Leave a Reply