13 Tips Belanja Saat Big Sale

no Comment

sale cover

Sudah mau akhir tahun biasanya akan banyak sale, cuci gudang, dan midnight sale dari berbagai mall dan branded items. Sudah menyiapkan budget untuk membeli barang yang lama diidam-idamkan? Baca tips berikut biar pengalaman belanja kamu lebih maksimal dan barang idaman bisa dibawa pulang.

1. Alokasikan budget

Kalau sudah tau soal sale ini dari jauh-jauh hari, kita bisa nabung dulu. Yang pasti harus realistis juga ya, jangan sampai gaji 1 bulan habis cuma buat beli 1 barang.

2. Cek bank yang akan bekerja sama dengan penyelenggara sale

.. karena biasanya ada benefit tambahan untuk pemegang kartu dari bank tersebut.

3. Rencanakan barang yang mau dibeli

sale tip 3

Ini penting supaya kita lebih fokus. Bikin Plan A, Plan B dan Plan C, dalam artian, kalau barang A ternyata sudah habis, kita bisa move on ke barang B, dan seterusya, jadi jangan cuma ngincar 1 barang aja.

4. Tren sesaat vs timeless item

Saat merencanakan barang yang mau dibeli, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah apakah brang itu tren sesaat atau cukup timeless? Terutama kalau harganya cukup mahal, pastikan barang itu bisa kita pakai untuk waktu yang lama dan bukan sekedar buat dipakai #OOTD sekali, lalu bulan depan sudah nggak bisa dipakai lagi karena sudah nggak trendy.

5. Cari barang yang memang benar kita mau atau kita lagi butuh

Jangan sampai kita beli karena tergoda diskon aja atau karena gayanya lagi ngetren, tapi kita nggak suka-suka banget. Daripada nggak dipakai, kan sayang.

6. Pakai baju yang ringkes dan nyaman

Tau sendiri kan ramainya sale ngelebihin ramainya pasar jam 5 subuh? Kita pasti desak-desakan sama banyak orang. Jadi meskipun sale diadakan di dalam mall yang ber-AC, pastikan baju kita berbahan nyaman dan menyerap keringkat. Selain itu, jangan pakai baju dengan banyak layer dan sepatu yang ribet biar saat mencoba, baju atau sepatu bisa dilepas dengan gampang dan nggak lama.

Gaya Jennifer Garner ini bisa ditiru. Light sweater atau casual top, comfortable jeans, simple flat shoes (nggak ribet dengan tali) dan no jewelry.

Gaya Jennifer Garner ini bisa ditiru. Light sweater atau casual top, comfortable jeans, simple flat shoes (nggak ribet dengan tali) dan minimum accessories or jewelry.

7. Bawa sling atau tote bag

Alasannya adalah biar tangan kita bisa bebas menjelajah dan memegang barang. Hati-hati ya, taruh tas di depan badan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan pastikan tas kita ada resletingnya.

8. Bikin rencana untuk menitipkan si kecil dulu

Berlaku buat yang sudah berkeluarga. Misalnya, pastikan dari jauh-jauh hari bahwa di tanggal sale tersebut, ayahnya bisa bantu jagain.

9. Datang lebih awal

Seberapa awal? Kita bisa pantau di media sosial dan dapat gambaran kita-kira akan seberapa ramai sale itu.

Dari jumlah percakapan di media sosial, biasanya kita akan punya gambaran apakah sebuah sale akan dibanjiri orang.

Dari jumlah percakapan di media sosial, biasanya kita akan punya gambaran apakah sebuah sale akan dibanjiri orang.

Tergantung dari kitanya juga sih. Kalau barang yang kita mau sudah kita incar sejak lama, kita biasanya lebih niat ngantrinya. Yang dari subuh udah ngantri, ada. 😀

10. Datang dengan taksi, taksi online atau supir pribadi

Jadi nggak usah ribet cari parkir. Atau kalau mau tetap bawa mobil, ya datang lebih awal itu tadi biar bisa antisipasi penuhnya parkiran.

11. Langsung cari barang yang kita mau

Saat sampai di venue, jangan gampang ter-distract sama barang lain, nanti barang yang kita incer keburu ludes loh.

12. Beli yang ukurannya pas
sale tip 12

Yup, kalau barang yang kita mau ada, tapi ukurannya kekecilan atau kebesaran, jangan maksa, karena nggak akan bisa dipakai juga. Kalau memang nggak ada ukurannya, baca lagi tips no. 2 di atas: move on to the next plan.

13. Disiplin

Semua yang diincar sudah dapat? Uang sudah habis? Ayo ke kasir. Jangan overspend lalu malah bulan depan keuangan ketit abis dan nggak bisa sesekali lunch di luar kantor.

Happy shopping!

Leave a Reply