12 Festival Dunia Yang Bisa Didatangi Sepanjang Tahun

no Comment

Berencana traveling tahun ini dan masih menyusun itinerary? Atau masih bingung mau ke mana karena punya beberapa pilihan destinasi?

Sebenarnya salah satu hal yang menyenangkan untuk dimasukkan ke jadwal jalan-jalan adalah festival yang biasanya diadakan kota yang jadi destinasi kita itu, atau bisa juga kita sesuaikan kota tujuan kita dengan jadwal cuti tahun ini. Misalnya kalau akan pergi bulan Agustus, asiknya ke mana? Kalau di akhir tahun, kota mana yang punya festival seru untuk merayakan tahun baru?

Kalau nggak mau kelewatan acara-acara yang fun dan biasanya megah ini, simak jadwal festival-festival besar di seluruh dunia, mulai dari Januari sampai Desember di bawah ini.

Januari: Mardi Gras

New Orleans, Amerika

januari

Mardi Gras. Semua pasti pernah dengar dong, ya? Serunya festival ini juga pasti langsung kebayang karena sering kita lihat di layar kaca atau di film-film. Tapi mungkin nggak banyak yang tau kalau Mardi Gras adalah bahasa Perancis dari Fat Tuesday, hihi. Sejarahnya, festival ini memang diadakan untuk memperingati Three King’s Day, yang dirayakan dengan banyak makan. Kalau suka costume party, Mardi Gras ini pas banget deh buat kamu. Jangan lupa dapatin berbagai kalung mutiara warna-warni ya dari festival ini!

Februari: Rio Carnival

Rio de Janeiro, Brazil

februari

Another super fun street festival! Saat festival ini berlangsung, jalanan di Rio de Janeiro pastinya dipenuhi nggak hanya oleh parade dan orang-orang dengan kostum berwarna-warni, tapi juga oleh penyanyi yang tampil dengan iringan drum, dan orang-orang yang dance mengekor orang di belakangnya, sehingga jadi ‘ular’ tarian yang panjang banget.

Maret: Holi Festival

India, Nepal, Pakistan

maret

Festival yang ini kamu pasti pernah lihat foto-fotonya di media sosial (atau mungkin ada yang pernah ikut kompetisi lari di Jakarta yang mengambil konsep dari perayaan ini?). Betul, ini adalah festival warna di mana kita bisa saling melemparkan serbuk warna ke orang lain. Merah, kuning, hijau, biru, oranye, ungu, you name it. Seru banget, kan?

April: Songkran

Thailand

april

Festival yang ini juga nggak asing lagi buat banyak dari kita. Songkran adalah festival air di Thailand yang diadakan untuk merayakan tahun baru Cina. Sejarahnya, ini merupakan saatnya di mana patung-patung Buddha ‘dimandikan’ dan anak-anak muda bisa meminta blessing dari orang yang lebih tua dengan menuangkan air ke tangan mereka. Tapi kemudian tradisi ini bergeser jadi sesuatu yang lebih bersifat perayaan jalanan, di mana selama 3 hari semua orang ikutan water fight dan kita nggak boleh ngambek kalau ada yang mengguyur seember air saat kita lewat 😀

Mei: Upacara Waisak

Candi Borobudur, Jawa Tengah

MAGELANG, CENTRAL JAVA, INDONESIA - MAY 28: Buddhist monks release lanterns into the air on Borobudur temple during Vesak Day, commonly known as 'Buddha's birthday', at the Borobudur Mahayana Buddhist monument on May 28, 2010 in Magelang, Central Java, Indonesia. Annually, Buddhists in Indonesia celebrate Vesak at the monument, which makes it the most visited tourist attraction in Indonesia. It is observed during the full moon in May or June, with the ceremony centred at three Buddhist temples by walking from Mendut to Pawon and ending at Borobudur. The stages of life of Buddhism's founder, Gautama Buddha, which are celebrated at Vesak are his birth, enlightenment to Nirvana, and his passing (Parinirvana). (Photo by Ulet Ifansasti/Getty Images)

Yaay, salah satu festival terbesar di dunia ada di negeri kita sendiri. Seperti yang kita tau, Waisak adalah hari paling penting buat umat Buddha. Berhubung candi Buddha terbesar adanya di Jawa Tengah, jadilah Borobudur sebagai pusat perayaan bagi umat dari seluruh dunia. Kalau kita ingat, acara di Candi Borobudur yang biasanya ditandai dengan festival lampion ini sempat dibanjiri turis domestik yang ingin nonton perayaan ini, tapi ujung-ujungnya malah asik foto-foto dan nggak menghormati umat Buddha yang beribadah. Duh, jangan diulangi lagi ya.

Juni: Dragon Boat Festival

Cina

juni

Kalau berencana ke Cina di bulan Juni, harus dengan cek-cek ombak ke sini. Dragon Boat Festival adalah ajang lomba adu cepat perahu, di mana perahunya dihias seperti naga dengan warna-warna yang menyala. Sejarahnya, festival ini diadakan di bulan Juni karena saat inilah matahari lagi panas-panasnya. Di budaya Cina, matahari dianggap setara dengan naga, yang punya energi maskulin. Makanya di festival ini, peserta lomba yang semuanya laki-laki berlomba-lomba mendayung perahu sampai ke garis finish dan mempertontonkan kekuatan mereka.

Juli: Marrakesh Arts Festival

Morocco

juli

Festival ini lebih mirip pasar (siang dan malam) yang dipenuhi oleh berbagai pertunjukan. Mulai dari orang makan api, peramal keberuntungan, penyanyi lagu-lagu tradisional, akrobat dan berbagai jenis tarian. Kalau haus, tinggal nyari warung orange juice yang bisa bikin tenggorokan kembali segar.

Agustus: Burning Man

Nevada, Amerika

agustus

Burning Man ini jelas lebih dari sekedar festival. Tepatnya ini lebih mirip gathering-nya modern hippies, hihi. Komunitas-komunitas yang hadir di festival ini benar-benar mengeksplor berbagai bentuk seni dan ekspresi diri. Jadi kalau kita punya bakat nyanyi misalnya, bisa banget tampil di sini, di hadapan orang-orang yang mau nonton. Nama Burning Man sendiri diambil dari ritual membakar patung kayu berbentuk orang yang biasanya dilakukan di hari Sabtu malam (festival ini berlangsung seminggu).

September: Regata Storica

Venice, Italia

september

Kalau ingat Venice, pasti ingat gondola, kan? Persis. Ini memang lomba adu cepat perahu yag diadakan di (sungai) Grand Canal. Biasanya, festival ini diawali dengan parade perahu yang didekorasi dengan gaya abad 16 dan dipandu oleh crew yang memakai kostum.

Oktober: Oktoberfest

Munich, Jerman

oktober

Penggemar bir pastinya sudah nggak asing lagi dengan festival yang berlangsung selama 16 hari ini (lama banget, ya!). Yang lucu, Oktoberfest yang didatangi oleh lebih dari 6 juta orang dari seluruh dunia setiap tahunnya ini dimulai dari lomba pacuan kuda yang diadakan untuk merayakan pernikahan Prince Ludwig dari Jerman, yang namanya juga pesta, tentunya banyak minuman. Tradisi ini terus berlangsung, tapi pada tahun 1938, balapan kudanya mulai didrop, sedangkan festival minum birnya tetap jalan terus. 😀

November: Day of the Rooster

Tokyo, Jepang

november

Sesuai namanya, festival ini diadakan di hari-hari Ayam Jago, menurut shio Cina. Yang biasanya dilakukan orang di festival ini adalah mengunjungi kuil Otori untuk berdoa biar banyak rezeki dan biar bisnis lancar. Kalau mau cari oleh-oleh khas festival ini, beli deh kumade, alias sapu dari bambu yang dipenuhi oleh berbagai pernak-pernik yang dianggap bisa membawa keberuntungan. Yang lucu, saat lagi belanja, kalau penjual dan pembeli sudah sepakat dengan harganya, mereka melakukan tejime alias tepuk tangan khas Jepang. Kebayang kan, ini adanya di pasar, jadilah nonstop orang-orang tepuk tangan dari buka sampai tutup. Seru, kaann? 😀

Desember: Mevlana Festival

Turki

december

Ngeliat dari fotonya, kebayang kan tariannya seperti apa? Betul, ini adalah tarian putar asal Turki yang diciptakan oleh Rumi, seorang penyair yang karyanya dikagumi oleh banyak orang di dunia (termasuk Madonna, atau mungkin kamu juga?). Rumi percaya bahwa tarian bersifat sangat spiritual dan bisa membawa kita ‘bertemu’ dengan sang pencipta. Festival tarian ini berlangsung mulai tanggal 10 Desember selama seminggu. Puncaknya, pada tanggal 17 Desember malam, para penari menari dengan lebih khusyuk dan mendedikasikan tariannya untuk Rumi, yang wafat pada 17 Desember tahun 1273.

 

Gimana, dari berbagai festival di seluruh dunia yang diadakan sepanjang tahun ini, yang mana yang paling bikin penasaran?

Leave a Reply