10 Tradisi Ramadan & Lebaran ala Indonesia

no Comment

Indonesia itu memang Negara Persahabatan ya. Ibarat kontes, kita pasti menang sebagai Miss Congeniality, deh. Apalagi di bulan puasa seperti sekarang, banyak tradisi yang suka menyenangkan dan bikin kangen buat orang Indonesia yang sedang merantau jauh dan lagi nggak tinggal di sini.

1. Nyekar

IMG_9923

Sebenarnya sih nggak ada aturannya kapan kita harus mengunjungi makam keluarga, tapi sepertinya sudah jadi tradisi untuk nyekar sebelum puasa dan di Hari Raya.

2. Buka puasa bersama

IMG_7653

Dari acara bukber teman kantor, arisan, teman sekolah, geng cewek, yang pasti selama sebulan jadwal sosial kita padat banget, deh! Belum lagi kalau acaranya ada dress code-nya. Ramadan memang momen yang pas buat silaturahmi dan semua orang pasti bela-belain.

3. Sahur on the road

INDONESIA-RELIGION-RAMADAN-ISLAM

Jaman dulu sih sahur on the road cuma bawa nasi bungkus. Jaman sekarang? Sudah banyak resto yang buka untuk sahur. Makan nasi padang jam 3 pagi, bisa bangeeet.

4. Bagi angpao alias salam tempel

Photo: fimela.com

Photo: fimela.com

Ini selalu menyenangkan saat kita masih kecil ya. Dapat uang dari om, tante, orangtua, nenek , kakek. Nah pas udah kerja, gantian deh kita yang harus ngasih ke keponakan. Kalau bisa ngasih juga ke om dan tante yang sudah pensiun.

5. Mudik

Photo: jadiberita.com

Photo: jadiberita.com

Walaupun tiap tahun kita tau kalau jalanan pasti macet, tetap aja dibela-belain demi berlebaran dengan keluarga. Buat yang nggak punya kampung untuk mudik, harus siap siaga di rumah karena semua asisten rumah tangga pastiya pada mudik. Ibarat olahraga, siap-siap cardio deh, nyapu, ngepel, bersih-bersih dan berdoa semoga si mbak balik. 😀

6. Baju baru (alhamdulillah)

Kayaknya memang nggak afdol ya kalau Lebaran nggak pakai baju baru. Dari yang cukup beli 1 baju sampai yang beli baju seragam umtuk keluarga. Apalagi sekarang, dengan adanya media sosial, foto-foto kece saat merayakan Lebaran langsung di-post, deh. Kalau masih nyari baju Lebaran yang cantik buat tahun ini, koleksi Ree ini bisa jadi pilihan:

Klik di sini untuk beli satuan dan klik di sini untuk beli paketan (3 warna sekaligus!)

Klik di sini untuk beli satuan dan klik di sini untuk beli paketan (3 warna sekaligus!)

Dapatkan berbagai pilihan baju Lebaran dengan hijab di sini

Dapatkan berbagai pilihan baju Lebaran dengan hijab di sini

7. Ketupat

Ketupat2

Aneh juga ya kalau dipikir-pikir, kenapa kita cuma makan ketupat saat lebaran aja? Tapi memang Lebaran tanpa ketupat rasanya kurang pas, betul nggak? Nah lauknya tergantung keluarga masing-masing. Yang Padang biasanya menyajikan rendang, Jawa dengan opor, dan lain-lain. Duh, baru nulis aja udah bikin ngiler deh.

8. Broadcast SMS ucapan selamat hari raya

SMS lebaran

Kalau dulu kita kirim kartu ucapan, jaman sekarang lebih ringkes, mulai dari SMS, WhatsApp sampai tag massal di media sosial. Mulai dari kata-kata Lebaran yang singkat sampai puisi yang puanjaang atau pantun.

9. THR

Coba cek hari ini, kali aja THR udah masuk :D

Coba cek hari ini, kali aja THR udah masuk 😀 

Yes, dari semuanya, bisa dibilang ini yang paling ditunggu-tunggu selama sebulan, haha (buat karyawan ya, bukan buat pengusaha). Nah, biasanya kita juga harus kasih THR ke karyawan rumah.

10. Kue kering

Photo: kompasiana.com

Photo: kompasiana.com

Kayaknya memang nastar, kastangel, lidah kucing, putri salju, kacang mete, dan teman-temannya langsung naik pamor selama Lebaran. Dari yang masih rajin bikin sendiri sampai yang ringkes beli aja. Yang penting di ruang tamu ada deh tuh kue kering untuk tamu.

Dari semua tradisi di atas, yang mana favorit kamu?

Leave a Reply