10 Tips for Beautiful Lips

no Comment

lips cover

Yang namanya perempuan pasti tergila-gila sama lipstick dan punya segudang koleksi yang warnanya beda-beda tipis doang, ayo ngakuu.

Tapi kalau memang bibir sering kita ‘warnai’, artinya harus dirawat dengan rajin juga.

Apa aja yang harus dilakukan biar bibir tetap terlihat segar dan sehat? Simak tips berikut ini.

1. Pakai lip balm atau lip moisturizer

Ini penting karena berbeda dari kulit di bagian tubuh kita lainnya, bibir nggak bisa memproduksi minyak sendiri, makanya butuh bantuan untuk membuatnya tetap lembab dan nggak kering. Saat membeli lip balm, pilih yang ada SPF-nya ya karena bibir juga nggak punya melanin yang artinya nggak punya perlindungan alami terhadap matahari.

Saran: Dipakai setiap sebelum pakai lipstick.

Lip balm ada banyak jenisnya. Usahakan pakai yang ada SPF-nya.

Lip balm ada banyak jenisnya. Usahakan pakai yang ada SPF-nya.

2. Bawa lip balm di tas saat bepergian

Gunanya tentu adalah untuk melembabkan bibir kembali.

Saran: Diaplikasikan ulang setiap kali bibir mulai kering.

3. Bersihkan bibir dengan baik

Setelah beraktivitas, pastikan juga untuk membersihkan bibir dengan menggunakan lipstick remover. Alasannya adalah seperti yang kita tahu, lipstick itu masuk ke sela-sela kulit bibir yang paling sempit sekalipun, maka semua sisa lipstick harus kita angkat. Jadi membersihkan pakai tisu aja nggak cukup, ya.

Saran: Dilakukan setiap membersihkan make up.

Eye and Lip Make Up Remover dari Maybelline ini handal loh, bisa membersihkan seketika. Gampang pula didapatnya, di mini market juga ada.

Eye and Lip Make Up Remover dari Maybelline ini handal loh, bisa membersihkan seketika. Gampang pula didapatnya, di mini market juga ada.

4. Jangan pakai lipstick yang matte terus

Alasannya adalah karena biasanya mereka lebih kering. Kalau pun suka pakai yang matte, cari yang nggak bikin bibir kering.

Saran: Selingi penggunaan lipstick matte dengan lipstick biasa (non matte).

5. Pakai lip scrub

Lip scrub berfungsi untuk membantu mengelupas kulit bibir kita. Kenapa ini penting? Kembali ke alasan nomor 1 di atas, kulit bibir kita nggak bisa memproduksi minyak sendiri jadi biasanya lebih kering dari kulit badan kita yang lainnya. Masalahnya, kulit bibir yang kering ini nggak selalu bisa terkelupas dengan sempurna, maka sesekali perlu bantuan lip scrub. Apa akibatnya kalau kulit bibir nggak terkelupas dengan sempurna? Bibir jadi nggak kelihatan kece saat diberi lipstick karena permukaannya kasar dan nggak rata. Pernah ngalamin kan mengaplikasikan lipstick, trus jadinya blang bentong, ada spot-spot yang lebih tebal dan ada yang lebih tipis? Nah, di sinilah lip scrub bisa membantu.

Saran: Dipakai seminggu sekali cukup.

Lip scrub produk lokal @thebathbox yang saya beli di JakartaxBeauty 2017 bulan Mei lalu. Harganya Rp40.000 ajah.

Lip scrub produk lokal @thebathbox yang saya beli di JakartaxBeauty 2017 bulan Mei lalu. Harganya Rp40.000 ajah.

6. Banyak minum air putih

Alasannya jelas, air putih membantu kulit kita terhidrasi dengan baik, termasuk kulit bibir. Apalagi kalau bibir kamu ekstra kering, banyakin deh minum air putih. Jangan sampai karena kering, bibir kita jadi pecah-pecah atau bahkan berdarah. Rawan infeksi, nih.

Saran: Ada banyak pendapat soal berapa banyak air yang harus kita minum setiap hari. Yang paling gampang diingat sih minum 8 gelas sehari. Gelasnya gelas orang dewasa ya, bukan gelas anak-anak. 😀

7. Makan makanan bervitamin A, B dan zat besi

– Vitamin A: Bisa memperkuat kekebalan tubuh dan melindungi bibir dari racun, virus, infeksi dan polusi. Bisa ditemukan di wortel, brokoli, labu, telur, susu dan mangga.

– Vitamin B-3: Membantu memperlembab bibi. Bisa ditemukan di daging ayam, daging sapi, salmon dan kacang.

– Vitamin B-12: Membantu proses penyembuhan bibir yang kering dan terlanjur pecah-pecah. Bisa ditemukan pada daging sapi, telur, susu skim, ayam panggang dan salmon.

– Zat besi: Meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi bibir dari kekeringan akibat lingkungan yang nggak sehat (misalnya polusi). Bisa ditemukan di kerang, kepiting, daging sapi, susu, almond, kacang dan yogurt buah.

Saran: Dikonsumsi sehari-hari.

8. Jangan menggigit atau membasahkan bibir

Jangan ditiru ya, ladies. :D

Jangan ditiru ya, ladies. 

Begitu bibir terasa kering, reaksi pertama kita tentu mau membuatnya basah – dan sebagian orang otomatis langsung membasahkan bibirnya dengan lidah. Tapi yang kemudian terjadi adalah sesudahnya, bibir justru tambah kering. Begitu juga halnya dengan kebiasaan menggigit bibir, ini adalah kebiasaan nggak sehat dan bikin bibir gampang kering atau bahkan terluka.

Saran: Jangan pernah menggigit atau membasahkan bibir. Nevaaa. :)

9. Nggak merokok pastinya

Pernah lihat nggak perokok yang warna bibirnya gelap? Ini karena setiap kita menghisap rokok, tar dan nikotin masuk ke otak dan aliran darah, dan hal ini bisa meningkatkan kadar melanin dalam waktu cepat, yang kemudian menyebabkan perubahan warna kulit menjadi abu-abu atau hitam, terutama pada bibir. Lama-lama, kulit bibir akan menjadi kering dan terlihat kusam. Duh, nggak kece deh kelihatannya.

Saran: Ini juga, never!

10. Jangan pakai lipstick yang sudah kadaluarsa

Cuma karena sayang, lipstick lama nggak kita buang padahal belinya sudah dari jaman baheula. Did you know? Make up yang kadaluarsa adalah tempat berkembangnya bakteri loh, termasuk lipstick. Akibatnya, kulit bibir bisa iritasi atau bahkan bengkak. Jangan sampai, ya!

Saran: Buang segera lipstick yang sudah kadaluarsa.

 

Yuk, kita rawat bibir dengan lebih baik mulai dari sekarang. Bonusnya, bibir jadi kelihatan lebih segar dan sehat saat kumpul keluarga di Hari Raya nanti.

Leave a Reply