New York Tanpa Shopping: 10 Rekomendasi Tempat Jalan-Jalan Seru

no Comment

“New York, New York..

A city so nice they named it twice.”

Apa reaksi kamu ketika membaca quote di atas selain.. langsung setuju? 😀

Buat yang sering melihat di TV, di film atau mendengar berbagai cerita tentang kota ini, pasti bisa merasakan kalau ini mungkin salah satu kota paling keren di dunia. Kehidupannya keras dan super hectic, tapi juga orang-orangnya ramah dan punya banyak karya. Belum lagi fakta bahwa New York City adalah melting pot seada-adanya. Orang dari berbagai belahan bumi datang, bekerja dan menetap di sana. Makanya nggak heran kalau ada yang bilang, “New York is not a city. It’s a world.”

Untuk saya sendiri, New York tambah istimewa karena ini adalah setting dari serial TV favorit saya sepanjang masa, Sex and The City, hihi. Carrie Bradshaw itu kan New Yorker banget. Pekerja keras tapi juga playful dan punya mimpi yang besar. The city has everything she needed: labels, love and Fashion Week. 😉

Buat yang masukin New York sebagai ke dalam bucket list travelingnya, artikel ini memberi rekomendasi places to go atau things to do, terutama kalau kamu stay di sana agak lamaan, seminggu misalnya. Kenapa? Karena kalau baru pertama kali ke New York atau waktunya terbatas, biasanya 3-4 hari pertama dihabiskan untuk pergi ke must-go places seperti Empire State Building, Rockefeller Center, Top of The Rock, Times Square atau Statue of Liberty. Nah, setelah itu baru deh bisa santai sedikit. Apa aja recommended things di New York selain shopping? Ini usul dari kontributor ReeSays, Sekar, yang sempat berlibur ke sana.

1. National September 11 Memorial & Museum

Salah satu yang bikin warga New York makin dihormati adalah karena mereka kompak, untuk tidak takut dan bersatu membangun kembali kotanya setelah serangan 9/11 yang menghancurkan menara kembar World Trade Center pada tahun 2001.

Untuk memperingati hari yang paling menyedihkan bagi negaranya tersebut, mereka membangun memorial dan museum, tepat di ground zero. Memorial dibuka untuk umum pada tahun 2011, tepat 10 tahun setelah serangan 9/11, dan museum dibuka 3 tahun yang lalu.

Gedung pengganti the two WTC towers yang runtuh. Sekarang hanya ada satu gedung yang tingginya 102 lantai.

Gedung pengganti dua menara kembar WTC yang runtuh. Sekarang hanya ada satu gedung yang tingginya 102 lantai.

Memorial yang dibangun adalah berupa 2 kolam yang di pinggirannya diukir sekitar 3000 nama korban.

Setiap pagi, staff Memorial meletakkan setangkai mawar putih di nama korban yang seharusnya hari itu berulang tahun.

Setiap pagi, staff Memorial meletakkan setangkai mawar putih di nama korban yang seharusnya hari itu berulang tahun.

Salah satu mobil pemadam kebakaran yang membantu mengeluarkan orang-orang yang terperangkap di dalam WTXC saat serangan terjadi. Tim mobil ini kehilangan paling banyak personel hari itu.

Salah satu mobil pemadam kebakaran yang membantu mengeluarkan orang-orang yang terperangkap di dalam WTC saat serangan terjadi. Tim mobil ini kehilangan paling banyak personel hari itu.

Tiket masuk ke museum ini adalah $24.

2. One World Observatory

Selain Top of The Rock, salah satu spot untuk melihat kota New York dari atas adalah dari tempat ini, yang letaknya di lantai paling atas gedung One World Trade Center tadi (pengganti menara kembar WTC). Tiket masuk ke observatory ini juga sama, $24.

Manhattan dari lantai 102

Manhattan dari lantai 102

3. Shake Shack

Seperti In-N-Out di California, belum afdol rasanya jalan-jalan ke New York kalau belum makan burger di sini. Shake Shack yang memulai bisnisnya di food truck di Madison Square Park pada tahun 2004 sekarang bisa dinikmati di restoran yang tersebar di berbagai kota di Amerika.

Kapan aja dan di mana aja, makan di Shake Shack selalu antri.

Kapan aja dan di mana aja, makan di Shake Shack selalu antri.

Enaakk. Harganya juga terjangkau. Burger-burger di tempat ini dijual dengan kisaran $5-$10.

4. MoMA

MoMA adalah kependekan dari Museum of Modern Art yang terletak di Midtown Manhattan. Tempat yang seringkali disebut sebagai salah satu museum seni modern terbesar di dunia ini memang gede banget dan punya ribuan koleksi gambar, lukisan, desain, fotografi, buku, film dan media elektronik. Dengan membayar tiket masuk $25, puas deh pasti menghabiskan waktu di sana.

starry night

Salah satu koleksi seni penting dunia yang ada di MoMa, The Starry Night karya Vincent van Gogh.

5. Central Park

Kalau yang ini sih pasti ada di itinerary New York hari-hari pertama ya, tapi nggak papa dimasukkan di sini juga karena taman ini memang menyenangkan banget. Besarnya juga nggak main-main, panjangnya 4 km ajah dan lebarnya hampir 1 km (anak lari pasti puas nih jogging di sini).

Central Park, urban park yang memegang rekor paling banyak dikunjungi orang di Amerika.

Central Park, urban park yang memegang rekor paling banyak dikunjungi orang di Amerika.

Jangan lupa, Central Park juga salah satu lokasi film yang paling populer, kan? Di antaranya film When Harry Met Sally, 13 Going on 30, Spider-Man 3, Friends with Benefits dan tentunya Home Alone 2.

6. Katz’s Deli

Lapar? Sandwich di Katz’s Delicatessen ini wajib dicoba. So juicy! Tempat yang aslinya adalah toko daging ini juga terasa ‘New York’ banget. Sibuk dan nggak pakai basa-basi, yang mereka jual adalah makanan yang enak. Harganya nggak terlalu murah sih, sekitar $20 per sandwich, tapi porsinya juga nggak kecil.

Katz’s Deli terletak di 205 E Houston St.

Katz’s Deli terletak di 205 E Houston St.

Salah satu best seller mereka, Reuben Sandwich. Yummy!

Salah satu best seller mereka, Reuben Sandwich. Yummy!

7. Broadway

Ini juga salah satu experience yang harus dicoba saat liburan di New York, setuju? Iyalah, kota ini kan pusatnya pertunjukan teater jadi sayang banget kalau nggak coba nonton setidaknya satu pertunjukan. Bingung mau nonton yang mana? Beberapa yang all time favorite di antaranya The Phantom of the Opera, The Lion King, Wicked, Avenue Q, Grease dan Mamma Mia.

The Phantom of the Opera, the most popular show.

The Phantom of the Opera, the most popular show.

Waktu nonton “How to Succeed in Business Without Really Trying” dengan bintang Daniel Radcliffe, yang juga pernah dipertunjukkan pada tahun 1967.

Saat nonton “How to Succeed in Business Without Really Trying” dengan bintang Daniel Radcliffe. Show ini  juga pernah dipertunjukkan pada tahun 1967.

8. The Halal Guys

Kangen makanan pinggir jalan? The Halal Guys jawabannya. Mereka memulai bisnisnya dari food truck di tahun 90an. Sekarang mereka sudah punya restoran yang tersebar di berbagai kota di Amerika, tapi kalau mau nyoba yang suasanya ‘asli’, paling bener datang ke food truck-nya sih yang terletak di 53rd Street and 7th Avenue.

Salah satu menu andalan mereka: Halal Guys Platters yang dagingnya bisa milih, gyro (sapi), ayam atau kombinasi dari keduanya.

Salah satu menu andalan mereka, Halal Guys Platters, yang dagingnya bisa milih, gyro (sapi), ayam atau kombinasi dari keduanya.

Lebih afdol makan yang di pinggir jalan. Antrian sih udah pasti ada ya, hihi.

Lebih afdol makan yang di pinggir jalan. Antrian sih udah pasti ada ya, hihi.

Harga per piring sekitar $7. Kalau yang dalam bentuk sandwich sedikit lebih murah, kalau nggak salah $5.

9. Comedy Cellar

Buat yang suka standup comedy, pasti sudah nggak asing lagi sama tempat ini, at least sering lihatlah di TV atau dengar dari cerita para comic yang sekarang sudah terkenal, karena biasanya mereka memulai kariernya dari comedy club seperti ini dan Comedy Cellar adalah salah satu yang tertua di New York. Chris Rock, Jerry Seinfeld, Amy Schumer dan Louis CK adalah beberapa nama komedian yang pernah dan masih suka mendadak nongol di sini untuk ngetes materi standup mereka.

Biasanya ada beberapa pertunjukan setiap hari, mulai dari jam 7 malam sampai yang terakhir jam 12:15 dini hari.

Biasanya ada beberapa pertunjukan setiap hari, mulai dari jam 7 malam sampai yang terakhir jam 12:15 dini hari.

Harga tiketnya $14 di hari biasa dan $24 saat weekend.

10. Times Square

Ini juga sudah pasti ada di itinerary kamu sih tapi tetap dimasukkan ke dalam daftar ini karena memang ini tempat wajib untuk ngedapetin feel kota yang gegap gempita ini. Buat yang sudah pernah ke Tokyo, berada di Times Square tuh rasanya kayak berada perempatan Shibuya tapi dengan billboard-billboard yang lebih raksana dan seru nyala-nyala.

Salah satu spot jalan-jalan paling ‘hidup’ di dunia. Srundeng pokoknya judulnya alias seru!

Salah satu spot jalan-jalan paling ‘hidup’ di dunia. Srundeng pokoknya judulnya alias seru!

Gimana, rasanya jadi pingin apply visa, kan? Hahaha. Pokoknya kalau kamu liburan ke Amerika, New York is definitely a must. Pas sudah sampai di sana, dijamin kamu akan membuktikan kalau lirik lagu Jay-Z “Empire State of Mind” itu bener banget.

“In New York

Concrete jungle where dreams are made of. There’s nothing you can’t do.

Now you’re in New York

These streets will make you feel brand new. Big lights will inspire you.

Let’s hear it for New York, New York, New York.”

Leave a Reply