10 Pelajaran Hidup Dari Tahun 2016

2 Comments

"learn" written on blackboard with apple, books

Akhirnya tahun ini akan berakhir juga. Kok saya merasa tahun ini berat banget ya dan cepatnya keterlaluan? Kalau kamu nggak merasakan hal yang sama, berarti kamu adalah salah satu orang yang beruntung.

Tapi saya nggak kecewa. Setahun ini ada 10 Pelajaran Hidup yang saya terima dan ini yang akan saya share ke teman-teman ReeSays:

1. Some friends come for a season. If you are lucky, you will have some friends for every season in your life.

Tambah umur, pastinya kita akan makin selektif dan sifat asli lama-lama sudah mulai terlihat. Jadi it’s okay kalau ternyata sudah tidak cocok dengan salah satu teman kamu. Berarti jatah pertemanannya cuma selama itu. Karena teman kamu akan punya teman yang lain dan kamu akan punya teman yang lain juga. Nggak perlu jadi beban dan jadi berat di hati.

2. Live in the moment

Kadang kita suka fokus dengan yang jauh sampai lupa menikmati yang kita punyai sekarang. Lagi di pantai yang indah banget, bukannya menikmati pemandangan, malah sibuk dengan gadget sampai kelewatan deh tuh sunset. Stop, freeze and enjoy the moment.

3. Being an entrepreneur is not a job. It’s a lifestyle. You breathe with it 24/7, 7 days a week, 365 days a year.

Ini khusus buat kamu yang berpikir mau jadi entrepreneur supaya punya waktu luang. Well, breaking news: Ini nggak akan pernah kejadian. Pegawai bisa bolos atau bisa minta resign kalo bosan kerja, sedangkan entrepreneur? No way! So think again, why do you want to be an entrepreneur?

4. Help yourself first before you helping others

Penah dengar kan instruksi ini di pesawat? Nah, bener banget tuh. Memang maksudnya baik sih tapi kalau akhirnya kita jadi repot, yang ada kita membantu tapi sambil misuh-misuh. Padahal harusnya kan ikhlas, ya?

5. It’s okay to feel sad

Nggak harus kok jadi strong person 365 hari setahun. Kalau lagi sedih atau capek banget, akui saja ke diri sendiri. Kalau perlu nangis, silakan. Buang semua rasa capek itu sampai habis biar setelah itu kita merasa lebih plong.

6. There’s always a second chance. It’s called tomorrow.

Kadang kita suka merasa keadaan tuh sudah mentok, sudah nggak ada lagi jalan lain. Atau kayaknya semua sudah terlambat. Hey, you know what? Begitu kamu tidur dan keesokannya bangun, itu sudah hari baru, semangat baru dan kesempatan baru. Don’t give up!

7. Find peace in your heart

Berdamai dengan diri sendiri. Salah satunya adalah dengan memaafkan orang-orang yang pernah bikin kecewa atau menyakiti kamu. Buang sampah yang ada di hati, supaya sampah itu tidak ikut sama kita tahun depan. Ini penting supaya ada tempat baru yang bersih di hati untuk hal yang baru.

8. Count your blessings

Memang bersyukur itu ada takarannya ya. Kalau lagi dapat rejeki besar pastinya kita langsung ingat untuk bersyukur. Tapi coba kalau lagi sebel seperti misalnya nggak bisa liburan karena lagi bokek, terus lihat TL isinya orang lain semua liburan? Kita jadi lupa yang namanya bersyukur. Banyak orang lain yang berdoa untuk bisa seperti kita. Jangan pernah lupa itu.

9. Don’t try to be a paranormal

“Aduh, kalau gini gimana? Kalau gitu gimana?”, terkadang kita suka tebak-tebak buah manggis, padahal 24 jam ke depan aja kita nggak tau hidup kita akan seperti apa. Mencoba jadi paranormal ini nih yang akhirnya membuat kita takut mencoba sesuatu yang baru. Cuma berani di comfort zone. Akhirnya, potensi kita yang harusnya bisa diasah jadi terbuang percuma karena overprotective kepada diri sendiri.

10. You were born original, not a copy, so it’s okay to be you. Be the best version of you.

Terinspirasi oleh orang lain yang kita kagumi boleh banget, tapi jangan sampai jadi lupa dengan jati diri. Find your best version. Nggak cuma gadget aja yang harus di-upgrade iOS-nya, kita juga harus upgrade terus supaya bisa jadi versi diri kita yang terbaik.

Selamat Tahun Baru 2017, teman-teman semua!

Comments

  1. Jalan2Liburan
    Jalan2Liburan | Posted on December 30, 2016 at 6:39 pm

    emang ya tanpa bermaksud egois mesti mikirin dulu diri sendiri baru bisa nolong orang lain demikian juga mesti bahagia dulu ama diri sendiri baru deh bisa bahagiaan orang lain..
    Happy New Year Mbak Ree…

Leave a Reply