10 Ide Side Job Untuk Menambah Penghasilan

no Comment

Nggak sedikit dari kita yang penghasilannya sepertinya cuma numpang lewat aja setiap bulan karena harus bayar cicilan rumah atau apartemen, bayar kost, bayar cicilan mobil, buat makan, transport, dan lain-lain. Rasanya belanja juga nggak terlalu sering, tapi kalau memang pemasukan dan pengeluaran ngepas dan impas, mau bagaimana?

Sebenarnya pilihannya ada dua: Kurangi pengeluaran atau tambah penghasilan. Kalau yang pertama terasa berat karena memang sudah nggak ada lagi yang bisa dikurangi, coba deh alternatif yang kedua. Salah satunya adalah mencari pekerjaan sampingan secara freelance sesuai dengan passion kita. Apa aja contohnya?

1. Mengajar bahasa secara privat

Kalau bahasa adalah passion-mu, bisa bahasa asing atau ingin mempromosikan bahasa Indonesia, side job ini bisa dicoba. Saya punya teman yang bisa berbahasa Korea dan membuka kursus privat seperti ini. Bahasa lain yang juga diminati biasanya Prancis, Jerman, Cina dan banyak lagi. Atau sebaliknya, mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing yang tinggal atau bekerja di sini.

Being a language tutor can be fun! Bisa untuk orang dewasa atau anak-anak.

Being a language tutor can be fun! Bisa untuk orang dewasa atau anak-anak.

2. Mengajar musik

Jago main gitar atau piano dan suka membagi ilmunya kepada orang lain? Coba deh tanya ke teman-teman yang sudah berkeluarga, siapa tahu ada anak mereka yang minat belajar musik dan prefer untuk les privat biar nggak harus keluar rumah dan menghadapi macet.

3. Bikin pre-loved shop di marketplace

Ini buat kamu yang punya barang-barang yang branded atau berkualitas lumayan yang sudah tidak dipakai lagi. Tawarin ke teman-teman juga untuk menjualkan barang mereka dan ambil komisi dari setiap barang yang terjual.

4. Menyetir untuk Uber atau Grab

Ini khusus buat kamu yang suka nyetir dan dan nggak keberatan kena macet. Bisa juga pekerjaan ini kamu lakukan saat weekend.

5. Jadi renter di AirBnb

Kalau punya kamar yang nggak ditempati di rumah, punya apartemen atau tempat tinggal kedua, daftarkan ke AirBnb untuk disewakan.

Daripada nganggur, mendingan apartemen atau kamar ekstra disewakan, kan? Lumayan, jadi ada penghasilan tambahan.

Daripada nganggur, mendingan apartemen atau kamar ekstra disewakan, kan? Lumayan, jadi ada penghasilan tambahan.

6. Buka catering mini

Ini buat yang suka masak. Coba buka PO agar teman-teman bisa pesan masakan kamu. Jadi kamu nggak gambling masaknya dan nggak takut basi kalau nggak ada yang beli.

7. Freelance graphic designer, illustrator atau mural artist

Kalau suka dan jago gambar, kamu bisa tawarkan jasa membuat desain atau malah menggambar mural di kantor atau café. Banyak UKM yang nggak punya staff desain padahal mereka perlu banget untuk bikin flyer, banner, dan lain-lain. Apalagi ini jaman di mana café harus Instagramable, nah keahlian kami membuat mural terpakai banget, tuh.

8. Jadi social media assistant

Suka dan aktif banget di media sosial? Daripada cuma ngurusin postingan pribadi, bisa tuh cari sampingan untuk pegang media sosial usaha orang lain. Bisa coba mulai dari tawarkan ke teman yang baru buka bisnis.

9. Freelance video editor

Sekarang kan jamannya vlogging, kalau suka dan jago ngedit, bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan nih karena rata-rata orang itu suka bikin videonya tapi nggak bisa atau malas ngeditnya.

10. Freelance photographer

Kalau punya skill fotografi yang lumayan dan kamera canggih kayak ter-Fuji-fujilah itu, kamu bisa jadi freelance photographer. Bisa terpakai buat teman atau bisnis yang butuh foto-foto bagus untuk di-post di media sosialnya.

Ayo, pakai skill fotografimu untuk mendatangkan extra income.

Ayo, pakai skill fotografimu untuk mendatangkan extra income.

Jadi sebenarnya yang diperlukan untuk cari uang tambahan atau satu langkah menuju dunia entrepreneur itu BUKAN MODAL, tapi NIAT dan MAU CAPEK.

Leave a Reply