10 Fakta Bekerja di Dunia Pariwisata

no Comment

hospiality 1

Dunia pariwisata di mana aja belakangan ini makin hits. Traveling sudah menjadi gaya hidup wajib anak muda. Saking menyenangkannya, nggak sedikit juga yang berpikir untuk bekerja di bidang ini. Mulai dari yang rajin upload gambar di Instagram (berharap bisa di-hire brand untuk meliput suatu tempat untuk mereka), rajin update blog, sampai yang berminat untuk bekerja di korporasi, seperti perhotelan, tempat-tempat wisata atau bahkan di kapal pesiar.

Kalau merasa pariwisata adalah passion dan ingin coba untuk bekerja di hospitality, ini beberapa hal yang mesti kamu tau berdasarkan pengalaman saya bekerja selama 16 tahun di industri ini.

Suka:

  1. Kerja di hotel atau di tempat wisata, apalagi di Bali misalnya, ‘kantor’nya baguuss karena pemandangan dan ambience-nya selalu menyenangkan
  2. Bisa ketemu turis dari seluruh dunia dan bisa ngobrol dan tukar cerita yang seru-seru. Malah nggak jarang bisa tukeran belajar bahasa juga.
  3. Kerjanya kayak liburan karena kita ngurusin orang liburan
  4. Bisa ke luar negeri atau ke luar kota dibayarin kantor kalau kita bekerja di bagian sales dan harus sales call ke tempat klien
  5. Selalu terlihat kece dan rapi karena di hospitality itu penampilan nomor 1. Apalagi yang kerja di city hotel, pakai jas dan dasi terus.

Duka:

  1. Harus selalu happy. Wajah nggak boleh ketekuk walaupun abis diputusin pacar atau gaji sudah mulai seret. 😀
  2. Tanggal merah? Apa tuh? Justru pas orang lain libur, kita sibuk ngurusin orang liburan.
  3. Jam kerja yang panjang. Nggak ada tuh 9 to 5. Yang ada 9 to what? Sinyal putus-putus. 😀
  4. Kalo lagi ada event di tempat kerja (misalnya party), ya kita harus ikut. Buat yang berumur 20an, pasti semangat. Umur 30an biasanya udah mulai lodoohh.
  5. Untuk ukuran gaji, hospitality bukan industi yang berani bayar gaji besar dibandingkan dengan industri lain, hiks. Tapi kebutuhan harus selalu kece itu dituntut abis.

Gimana? Namanya pekerjaan pasti ada suka-dukanya sih ya. Makanya kalau memang ini passion kamu, coba aja, minimal biar nggak penasaran, ya kan?

hospitality 2

Leave a Reply