10 Cara Tetap Produktif di Airport

one Comment
Woman in Airport Waiting Area --- Image by © Radius Images/Corbis

Image by © Radius Images/Corbis

Penerbangan delay? Sudah bukan hal baru lagi. Apalagi weekend ini puncaknya arus balik mudik. Satu penerbangan delay di pagi hari bisa berarti seluruh penerbangan hari itu ikut tertunda. Belum lagi kalau bepergiannya di daerah Jawa Timur atau Bali yang aktivitas bandaranya terbatas sejak akhir bulan lalu akibat aktifnya Gunung Raung. Kalau sudah begini, mau gimana lagi? Nggak banyak yang bisa kita lakukan selain menunggu. Biar nggak mati kutu, apa yang bisa dilakukan untuk membunuh waktu?

1. Baca majalah atau buku

Kapan lagi bisa ngabisin novel yang kalau di rumah nggak sempat dibaca?

2. Tulis jurnal

Kalau suka ngeblog misalnya, mulai tulis aja cerita tentang liburan yang baru kita lewati, biar pas sampai tujuan bisa langsung upload.

3. Organize file and foto

Sekalian hapus foto-foto yang nggak penting supaya kapasitas memori balik lagi.

4. Nyicil kerjaan

Saya tau ini bikin males banget (karena pasti in denial toh, maunya liburan terus? feel you!) tapi kalau awal minggu depan memang ada beberapa pekerjaan yang penting, bisa loh mulai disiapkan dari sekarang. Yang simple tapi penting aja, seperti membuat draft email kalau ada email penting yang harus dikirim di mana kita harus berhati-hati dalam bertutur kata atau finalize strategi yang sempat kita kerjakan sebelum berangkat liburan. Asiknya, drafting begini cukup dilakukan di Word atau PowerPoint, nggak butuh internet, jadi tetap bisa kita kerjakan di sudut manapun kita terdampar di airport.

5. Jalan-jalan di airport (atau shopping lagi kalau saat liburan belum puas!)

Malah kalau lama banget delay-nya bisa keluar airport dulu.

6. Main game

Berdasarkan pengalaman, dengan main Candy Crush saya mendadak jadi orang yang sabaaarr banget kalo ada delay atau nunggu orang yang datangnya telat. Hihihi.

7. Pijat refleksi

Enaknya di Indonesia hampir semua airport ada tempat pijat reflexology-nya. Walaupun harganya sering lebih mahal daripada di luar airport, ini lumayan banget buat nunggu dan nggak bikin bete.

8. Ngobrol

Iya, ngobrol. Alasannya biasanya kalau nggak libur nggak ada waktu ngobrol kan dengan keluarga? Nah, masukin dulu deh gadget ke dalam tas dan spend time ngobrol dengan mereka.

9. Bebersih media sosial

Iya, media sosial pun perlu dibersihkan. Kenapa? Terkadang media ini bikin kita jadi orang yang iri, gampang kesal atau ada orang-orang yang bisa jadi SARA banget. Hal-hal ini lebih baik dibersihkan supaya kita terhindar dari hawa negatif. Lebih enak kan lihat timeline yang isinya hal-hal menyenangkan seperti foto-foto liburan atau foto makanan enak?

10. Kalau ternyata delay-nya lamaaaa bingits, coba ke airport hotel

Biasanya adanya di dalam kawasan airport atau dekat airport dan mereka menyediakan shuttle bus. Hotel-hotel ini juga biasanya punya rate kamar per beberapa jam (tapi bukan hotel hotel jam-jaman yaaa). Lumayan bisa istirahat sambil menunggu kepastian jadwal pesawat.

Selamat mencoba and have a safe flight!

 

Comments

  1. nanalee
    nanalee | Posted on July 28, 2015 at 1:22 pm

    Setuju!

Leave a Reply