10 Cara Menghabiskan THR

3 Comments

THR dihabiskan? Iya dong. Mumpung ada uang ekstra, harus jelas peruntukannya, baik buat kebutuhan yang serius maupun buat keinginan bersenang-senang, karena hidup harus balance, kan? :) Buat yang masih bingung THR mau buat apa, ini 10 cara untuk menghabiskannya:

1. Kasih THR ke orangtua dan staff di rumah

THR 1

Buat saya, sudah jadi kebiasaaan untuk memberi ke orang tua, seperti sudah kewajiban. Bayangkan, dulu kita waktu kecil tiap Lebaran dapat uang tambahan. Nah, sekarang di saat kita sudah punya penghasilan, gantian dong. Janga lupa juga budget-kan THR ke staff di rumah (ART, supir, tukang kebun, satpam, dll) yang biasanya besarnya 1 bulan gaji mereka.

2. Membayar biaya perjalanan

THR 2

Biaya pulang kanmpung atau liburan, jangan ambil dari tabungan. Pakai aja uang THR kita. Biar dapat good deal, makanya harus cari promonya dari jauh-jauh hari.

3. Melunasi utang kartu kredit
THR 3

Yes, ini terutama buat yang bayarnya sering minimum payment. Mumpung punya uang ekstra nih. Bayar lunas pakai THR. Biar setelah Lebaran tagihannya sudah bersih lagi. Jadi jangan hati aja yang dibersihkan, utang kartu kredit juga. 😀

4. Membeli reksadana atau deposito untuk investasi

THR 4

Buat yang nggak banyak pengeluaran di bulan Ramadan, boleh banget loh uang THR-nya dipakai untuk investasi. Gimana cara mulainya? Artikel dari QM Financial ini bisa jadi panduan buat pemula.

5. Membeli barang yang udah lama kita idam-idamkan

THR 5

Setahun stalking IG para seller ini, akhirnya pas dapat THR bisa beli tas impian deh. Walaupun second, yang penting asli. Yaay!

6. Belanja kebutuhan Lebaran

Photo: bakerymagazine.com

Photo: bakerymagazine.com

Lebaran di Indonesia memang meriah. Bayar zakat, beli baju baru, memastikan makanan lengkap, belanja hampers, ada juga yang sampai harus ganti tirai rumah. Semua pasti butuh biaya dong? THR to the rescue!

7. Bayar DP atau tanda jadi

THR 7

Akhirnya ada uang buat ngelengkapin DP beli apartemen atau yang untuk modal usaha. Selamat yaaaa!

8. Donasi untuk orang yang membutuhkan

Photo: zakat.or.id

Photo: zakat.or.id

Selain zakat buat yang beragama Islam, coba deh kasih ke orang sekitar kita yang memerlukan. Saudara jauh yang sakit? Tukang sapu jalan yang sering kita lihat saat pergi ke kantor? Atau pemulung yang lagi kerja mungutin sampah? Ada banyak yang bisa kita bantu.

9. Salam tempel

Young savers

Hayoo, yang punya banyak keponakan angkat tangan deh. Siap-siap ditodong pastinya, hihi. Siapin uang kecilnya dari jauh hari ya.

10. Shopping spree

THR 10

Ini sah-sah aja kok, jadi nggak pakai budget uang bulanan, Mau belanja sepuasnya dari mall buka sampai tutup. Boleh. Apalagi pas Lebaran banyak diskon biasanya.

Selamat menghabiskan THR!

Comments

  1. 5 Ways to Be Back on Track After Lebaran | ReeSays
    5 Ways to Be Back on Track After Lebaran | ReeSays | Posted on July 14, 2016 at 1:05 am

    […] bukber di restoran dan perlu baju baru terus demi dresscode, haha. Belum lagi saat Lebaran harus kasih THR ke orang rumah. Nah , sekarang balik lagi yuk ke budget semula supaya rencana investasi bulanan nggak […]

  2. Widia
    Widia | Posted on October 10, 2017 at 12:19 pm

    Iya kak bener banget ini. Tapi kalo aku modifikasi dikit yaitu sisihkan buat kurban dulu daripada nabung. Jadi kebutuhan 2 kali hari raya bener-bener gak ngambil tabungan dan gaji.

    Kalo THR emang udah diniatin sebagai uang lewat buat kebutuhan lebaran. Kalo ada sisa, ya anggep bonus aja deh. Hehehehee

Leave a Reply